Monas, Monumen Nasional Jakarta

Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau sering disingkat dengan Monas adalah sebuah menara dengan ketinggian 132 meter di Jakarta yang berdiri di tengah Medan Merdeka. Monumen tersebut melambangkan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Presiden Sukarno mengarahkan pembangunan Monas yang dimulai pada tahun 1961. Monumen Nasional itu dibuka untuk umum 14 tahun kemudian pada 12 Juli 1975 karena masalah konstruksi. Monumen ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah platform dasar yang disebut piala, pada ketinggian 17 meter dan di atasnya adalah obelisk dengan tinggi 117,7 meter yang terbuat dari marmer Italia. Piala tersebut merupakan Yoni, yang menyerupai mortir beras lesung yang melambangkan organ wanita sementara tugu menyerupai Lingga, sebuah nasi alu melambangkan orang laki-laki.


Di bagian atas monumen adalah api emas disebut Flame Kemerdekaan. Api emas ini memiliki ketinggian 14 meter dan terbuat dari 14,5 ton perunggu dilapisi dengan 50kg emas. Kamu dapat melihat platform pada ketinggian 115 meter dengan lift di sisi selatan struktur. Disediakan teropong untuk menikmati pemandangan Jakarta, tiket ke Monas untuk melihat platform adalah Rp. 7.500.

Di dalam piala itu adalah Ruang Kemerdekaan yang didalamnya terdapat berbagai simbol kemerdekaan Indonesia seperti teks asli Proklamasi Kemerdekaan, peta kepulauan dilapisi emas dan mantel senjata Indonesia.

Sedangkan dasar Monas adalah Museum Sejarah Nasional Indonesia yang didalamnya terdapat 51 diorama's (model tiga dimensi) menceritakan sejarah Indonesia dari prasejarah untuk kali terakhir.

sumber : utiket.com